Manfaat Sunscreen dan Cara Penggunaan yang Benar – Ternyata Gak Boleh Sembarangan

Sering ke luar rumah dan pas balik kulit wajah tampak belang sampai mudah jerawatan? Bisa jadi karena Brads belum memakai sunscreen nih. Padahal manfaat sunscreen itu penting banget loh buat menjaga penampilan dan kesehatan kulit. Kalau Brads pengen tahu lebih lanjut, langsung aja simak ulasan lengkapnya di sini! 

Manfaat Sunscreen 

Supaya Brads makin paham tentang manfaat sunscreen, langsung aja simak ulasan lengkapnya berikut!
  • Melindungi Kulit dari Sinar UV 

Brads pasti tahu dong kalau kulit terlalu sering terpapar sinar matahari bisa bikin dampak yang buruk untuk kulit wajah. Dalam jangka pendeknya, efek buruk yang langsung dirasakan adalah kulit menjadi kering, belang, mengelupas memerah, dan terasa perih. Sementara dalam jangka panjangnya bisa bikin penuaan dini yang ditandai dengan munculnya kerutan halus, flek hitam di wajah, sampai kasus yang lebih parah adalah kanker kulit. 
  • Meratakan Warna Kulit 

Manfaat sunscreen juga bisa membantu menjaga warna kulit tetap rata dan tidak belang. Pastinya Brads sering nih pas pergi ke pantai, terus saat pulang mulai terlihat kulit yang belang akibat paparan sinar matahari. Selain bisa bikin kulit jadi belang, sinar matahari yang juga diperparah dengan polusi dan radikal bebas dapat menyebabkan wajah tampak kusam. 
  • Mencegah Terbentuknya Bekas Jerawat

Bagi para pemilik kulit yang rentan berjerawat, penggunaan sunscreen itu tidak boleh sama sekali dilewatkan. Sinar UV dapat meningkatkan sensitivitas area yang berjerawat hingga lama-kelamaan akan menimbulkan bekas flek kehitaman. Gak cuman itu, jerawat yang masih aktif juga bisa jadi makin parah kalau kamu biarin terkena sinar UV langsung tanpa perlindungan dari sunscreen
  • Mencegah Kulit Terbakar

Tahu gak sih Brads, kalau sering terpapar sinar matahari itu juga dapat menimbulkan yang namanya luka bakar? Kulit yang mengalami kemerahan dan mulai mengelupas setelah terjemur di bawah matahari dikenal dengan istilah sunburn. Kondisi ini termasuk ke dalam kategori luka bakar tingkat tingkat 1. Maka dari itu, manfaat sunscreen penting banget untuk mencegah terjadinya sunburn ini. 
  • Mengurangi Risiko Terbentuknya Komedo 

Komedo sudah jadi salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu. Penyebab munculnya komedo itu juga karena faktor eksternal seperti sinar matahari. Makanya itu, penting banget buat Brads, yang punya kulit wajah sensitif dan rentan berjerawat untuk selalu menggunakan sunscreen. Khususnya kalau akvitias Brads berada di luar ruangan dalam waktu yang lama sehingga berisiko terpapar polusi, debu, dan kotoran. 

Panduan Memilih Produk Sunscreen yang Tepat 

Layaknya produk skincare lainnya, sunscreen juga memiliki variasi dan jenis yang berbeda untuk disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Perbedaan tersebut dapat berupa kandungan produk, tekstur, besaran SPF, dan bahan tambahan. Pada umumnya, sunscreen itu terbagi atas dua jenis berdasarkan kandungan  cara kerjanya. Jenis pertama adalah physical sunscreen yang bekerja dengan cara memantulkan sinar UV dari matahari menggunakan mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Selanjutnya ada chemical sunscreen yang cara kerjanya adalah menyerap sinar UV dan melepasnya dalam bentuk panas. Khusus jenis chemical sunscreen biasanya memanfaatkan kandungan berupa avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone. Buat Brads yang punya kulit sensitif, disarankan menggunakan physical sunscreen karena relatif aman dan tidak mudah menyebabkan iritasi. Salah satu rekomendasi pilihan adalah Avoskin – The Great Shield Sunscreen. Manfaat sunscreen yang bisa melindungi dari paparan sinar UV serta bikin kulit cerah bisa kamu dapetin dari produk ini.  

Cara Penggunaan Sunscreen 

Setelah mengetahui manfaat sunscreen serta berbagai jenisnya, Brads juga wajib tahu cara penggunaannya yang tepat biar hasil yang didapetin bisa maksimal. Jangan sampai asal pakai dan justru gak sesuai dengan aturan penggunaan yang baik dan benar. Untuk mendapatkan manfaat sunscreen yang maksimal, produk pelindung dari sinar UV ini digunakan di akhir rutinitas skincare di pagi hari. Biasanya, penggunaannya setelah tahapan moisturizer atau pelembap. Hal ini dilakukan karena tekstur dari produk sunscreen yang cenderung lebih kental, sehingga harus digunakan di langkah terakhir agar tidak menghalangi penyerapan produk lainnya. Manfaat sunscreen yang digunakan di akhir rutinitas skincare juga berfungsi sebagai ‘penutup’ dari bahan-bahan aktif yang terkandung dalam serum, toner, essence, dan pelembap. Tergantung dari jenisnya, Brads dapat mengaplikasikan sunscreen langsung ke permukaan wajah secara merata sambil ditepuk-tepuk ringan supaya cepat meresap. Perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat perlindungan dari sinar matahari yang optimal, Brads harus menggunakan sunscreen minimal 15-20 menit sebelum ke luar rumah. Durasi penyerapan sunscreen ke dalam permukaan kulit membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding produk skincare lainnya. Itulah mengapa Brads perlu memberikan selang waktu yang cukup supaya sunscreen dapat melindungi kulit wajah secara optimal. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat buat bikin Brads ganteng maksimal dan tampil lebih percaya diri. Sebagai referensi, ini dia rekomendasi produk dari gamal men :Avoskin – The Great Shield Sunscreen
Harga : Rp 139.000,- (Link Pembelian…)Sumber: 
  • https://www.foreo.com/mysa/facing-the-sun-choose-the-right-sunscreen/

Leave a Reply

Your email address will not be published.