Sering dikira Zebra karena Kulit Lo Belang? Nih Cara Ngatasinnya

Feb 5, 2024 | Grooming Tips

Gak cuma jerawat, kulit berminyak, dan kusam, kulit wajah pria juga bisa mengalami belang, Bro. Salah satu penyebab yang buat kulit Lo belang adalah paparan sinar matahari. Gak heran, tinggal di Indonesia dengan iklim tropis intensitas cahaya mataharinya juga kuat. Kalo Lo beraktivitas di luar rumah tanpa perlindungan kulit yang proper, ya bisa aja kulit Lo bakal jadi belang. Punya kulit belang tentu bakal buat Lo gak nyaman karena ketampanan Lo jadi keganggu. Lama-kelamaan bisa aja Lo dianggap keluarga zebra sama circle Lo, jatuh donk harga diri Lo sebagai lelaki tampan. Udah, gak usah khawatir Bro. Simak ulasan satu ini biar Lo tau penyebab kulit pria sering belang dan cara atasinnya.

Sebab Kulit Belang Seperti Zebra

Penyebab yang paling sering buat kulit Lo belang adalah paparan sinar matahari yang mengenai langsung permukaan kulit Lo. Perlu Lo ketahui kalo permukaan kulit yang terkena paparan sinar matahari langsung akan memicu sel melanosit pada kulit memproduksi zat melanin lebih banyak. Apa itu zat melanin? Zat melanin adalah zat pembentuk pigmen kulit dan rambut pada tubuh Lo. Jika zat melanin diproduksi lebih banyak, maka akan membuat warna kulit Lo menjadi lebih gelap. Hal ini adalah proses biologis yang wajar terjadi, karena zat melanin yang membuat warna kulit Lo jadi gelap itu berfungsi untuk melindungi kulit biar radiasi sinar ultraviolet dari sinar matahari gak masuk ke lapisan kulit. Penyebab lainnya yang buat kulit Lo belang yaitu bekas jerawat yang kalo Lo biarin jadi flek hitam dan bekas luka.

Cara Cegah Kulit Belang Lo

Udah pasti yang mesti Lo Lakuin agar kulit Lo gak belang adalah melindungi kulit biar gak kena paparan sinar matahari langsung. Sebelum mulai aktivitas panjang Lo apalagi di luar ruangan, pake sunscreen terlebih dahulu, pake masker atau topi, juga jaket atau baju lengan panjang dan celana panjang jadi jalan ninja yang bisa Lo lakuin. Cara lainnya, Lo mesti jaga kesehatan dan kebersihan wajah Lo, utamanya jangan biarin jerawat berakar sampe bertahun-tahun yang bisa buat wajah Lo jadi punya flek hitam dan buat kulit Lo jadi belang.

Hilangin Warna Zebra di Kulit Lo

Pastinya mau donk warna kulit Lo jadi rata lagi? Nah, ini nih cara ampuh yang bisa Lo lakuin. Cara pertama yang bisa Lo lakuin adalah eksfoliasi kulit menggunakan scrub. Eksfoliasi kulit bisa membantu proses mengangkat sel-sel kulit mati atau sel kulit yang rusak jadi lebih cepat, jadi sel-sel kulit baru bisa buat warna kulit jadi merata. Jangan lupa untuk pake serum dengan kandungan vitamin C. Kandungan Vitamin C pada serum berperan untuk menekan produksi zat melanin dan ngebantu banget buat proses meratakan warna kulit. Lo juga bisa pake produk menarik yang satu ini, yaitu De-Tan Cream by Gamal Men. Krim satu ini ampuh untuk ratain warna kulit Lo dan sangat cocok buat Lo yang sering beraktivitas di luar ruangan.